TINGKAT KECEMASAN PESERTA DIDIK SMK KEPERAWATAN MENGHADAPI UJIAN SERTIFIKASI KOMPETENSI
ANXIETY LEVELS OF NURSING SCHOOL STUDENTS FACING THE COMPETENCY CERTIFICATION EXAM
DOI:
https://doi.org/10.52236/ih.v11i2.341Keywords:
Kecemasan , Uji Sertifikasi KompetensiAbstract
Pendahuluan. Kecemasan merupakan kondisi yang melibatkan emosi dan sensasi fisik ketika seseorang mengalami rasa gugup atau khawatir tentang sesuatu (Joko & Anta,2018). Kecemasan juga akan dialami peserta didik yang umumnya menginjak usia remaja yang masih labil dalam menghadapi situasi tak terduga atau hal baru Seperti ujian. Peserta didik kelas XII SMK Kesehatan menghadapi tantangan dalam menyelesaikan akhir jenjang yaitu berupa Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) sebagai persyaratan kelulusan peserta didik. Kecemasan ringan bisa menjadikan motivasi belajar namun jika kecemasan menjadi berlebihan akan memberikan dampak buruk bagi kondisi siswa. Studi pendahuluan dengan tehnik observasi yang dilakukan seminggu sebelum pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) tahun 2022 terlihat siswa mengalami gejala-gejala kecemasan. Kecemasan sebelum ujian merupakah hal wajar jika berada pada kategori rendah. Sebaliknya menjadi permasalahan jika mengalami kecemasan yang berlebihan. Tujuan. Penelitian ini untuk menunjukan tingkat kecemasan peserta didik dalam menghadapi uji sertifikasi kompetensi dengan 18 unit kompetensi sesuai SKKNI tahun 2017. Metode. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan tehnik sampel purposive sampel sehingga ditemukan 50 siswa dengan kuesioner skala HARS-A. Hasil. Hasil penelitian ini diperoleh 50 Peserta didik sebagai responden dengan tingkat kecemasan sedang sebanyak 34 peserta didik (68% ) kecemasan ringan sebanyak 16 peserta didik (32 %). Kesimpulan. Kecemasan menjadi bentuk antisipasi atau koping seseorang terhadap suatu hal atau perisitiwa. Tingkat kecemasan rendah merupakah hal wajar yang mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan motivasi belajarReferences
Akbar, Andi. 2013. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kecemasan Pada Mahasiswa STIKES Nani Hasanuddin Makassar Yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal STIKES Nani Hasanuddin,Vol. 2, No. 1
Anggraeni. 2013. Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Tiga DII Keperawatan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Di Universitas Pendidikan Indonesia. Karya Tulis Ilmiah (KTI). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Heidi dan Jennifer. 2011. “Effects of Deep Breathing and Muscle Relaxation on ACT Scores. Eastern Education Journal, Vol. 40 No. 1, Spring Page 11-22
Hidayat. 2008. Metode Penelitian Keperawatan dan Tehnik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika
Indiyani, N. E., & Listiara, A. (2006). Efektivitas Metode Pembelajaran Gotong Royong (Cooperative Learning) Untuk Menurunkan Kecemasan Siswa Dalam transformasi Menghadapi Pelajaran Matematika (Suatu studi Eksperimental pada Siswa di SMP 26 Semarang). Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(1), 10–28.
Januarti. 2009. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Dosen Pembimbing Dengan Tingkat Stress Dalam Menulis Skripsi. SKRIPSI. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Jeffrey, N., Rathus, A.S., & Greene B. (2005).Psikologi Abnormal. (Alih bahasa: Tim Fakultas Psikologi UI). Jakarta:Penerbit Erlangga
Notoatmojo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Puri, Laking dan Treasaden. 2011. Buku Ajar Psikiatri Edisi 2. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC 54
Rakhman AZ. 2008. Hubungan Kecemasan Menghadapi Ujian Skill Lab Modul Shock Dengan Prestasi Yang Dicapai Pada Mahasiswa FK UGM Angkatan 2000.Jurnal Surya Medika.
Suyamto, Prabandari dan Marchira. 2009. Pengaruh Terapi Relaksasi Otot dalam menurunkan Skor Kecemasan T-TMAS Mahasiswa Menjelang Ujian Akhir Program di Akademi Keperawatan Notokusumo Yogyakarta. Berita Kedokteran Masyarakat. Vol. 25, No. 3, halaman 142-149
Wicaksono, A. B., & Saufi M. 2013. Mengelola kecemasan siswa dalam pembelajaran matematikan. Prosiding, 9(4), 90-94,
Wisudaningtyas. 2012. Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Skripsi Ditinjau Dari Self Efficacy Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Lembaran Ilmu Pendidikan Jurnal Unnes, Vol. 31. No. 255
Anggraeni. 2013. Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Tiga DII Keperawatan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Di Universitas Pendidikan Indonesia. Karya Tulis Ilmiah (KTI). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Heidi dan Jennifer. 2011. “Effects of Deep Breathing and Muscle Relaxation on ACT Scores. Eastern Education Journal, Vol. 40 No. 1, Spring Page 11-22
Hidayat. 2008. Metode Penelitian Keperawatan dan Tehnik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika
Indiyani, N. E., & Listiara, A. (2006). Efektivitas Metode Pembelajaran Gotong Royong (Cooperative Learning) Untuk Menurunkan Kecemasan Siswa Dalam transformasi Menghadapi Pelajaran Matematika (Suatu studi Eksperimental pada Siswa di SMP 26 Semarang). Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(1), 10–28.
Januarti. 2009. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Dosen Pembimbing Dengan Tingkat Stress Dalam Menulis Skripsi. SKRIPSI. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Jeffrey, N., Rathus, A.S., & Greene B. (2005).Psikologi Abnormal. (Alih bahasa: Tim Fakultas Psikologi UI). Jakarta:Penerbit Erlangga
Notoatmojo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Puri, Laking dan Treasaden. 2011. Buku Ajar Psikiatri Edisi 2. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC 54
Rakhman AZ. 2008. Hubungan Kecemasan Menghadapi Ujian Skill Lab Modul Shock Dengan Prestasi Yang Dicapai Pada Mahasiswa FK UGM Angkatan 2000.Jurnal Surya Medika.
Suyamto, Prabandari dan Marchira. 2009. Pengaruh Terapi Relaksasi Otot dalam menurunkan Skor Kecemasan T-TMAS Mahasiswa Menjelang Ujian Akhir Program di Akademi Keperawatan Notokusumo Yogyakarta. Berita Kedokteran Masyarakat. Vol. 25, No. 3, halaman 142-149
Wicaksono, A. B., & Saufi M. 2013. Mengelola kecemasan siswa dalam pembelajaran matematikan. Prosiding, 9(4), 90-94,
Wisudaningtyas. 2012. Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Skripsi Ditinjau Dari Self Efficacy Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Lembaran Ilmu Pendidikan Jurnal Unnes, Vol. 31. No. 255
Additional Files
Published
2023-07-26
How to Cite
Aseta, P. A., Undari Nurkalis, Anis Purwati, & Sri Hastuti. (2023). TINGKAT KECEMASAN PESERTA DIDIK SMK KEPERAWATAN MENGHADAPI UJIAN SERTIFIKASI KOMPETENSI: ANXIETY LEVELS OF NURSING SCHOOL STUDENTS FACING THE COMPETENCY CERTIFICATION EXAM. Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 11(02), 173–181. https://doi.org/10.52236/ih.v11i2.341
Issue
Section
Articles