TERAPI MUSIK TERHADAP STRES PADA MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF ISLAM
MUSIC THERAPY ON STRESS IN STUDENTS FROM AN ISLAMIC PERSPECTIVE
DOI:
https://doi.org/10.52236/ih.v13i1.692Keywords:
stres, terapi musik, tenaga kesehatan, tokoh agamaAbstract
Pendahuluan Stres merupakan masalah kesehatan mental yang sering dihadapi oleh manusia terutama di kalangan mahasiswa, hal itu dapat disebabkan oleh tekanan akademis, sosial, dan keuangan. Salah satu metode nonfarmakologis untuk mengatasi stres adalah terapi musik, yang telah terbukti membantu menciptakan efek relaksasi melalui pengaturan aktivitas fisiologis dan emosional sehingga mendukung ketenangan mental seseorang. Salah satu jenis musik yang dapat digunakan dalam Terapi Musik ini adalah musik klasik. Namun, terjadi perbedaan pendapat menurut tokoh agama yang dilihat dari sudut pandang Islam dalam penggunaan terapi musik ini. Tujuan untuk menggali perspektif tokoh agama dan tenaga kesehatan mengenai penggunaan terapi musik untuk mengatasi stres pada mahasiswa. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desain studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tokoh agama dan tenaga kesehatan di Kabupaten Sumedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut pandangan tokoh agama penggunaan musik sebagai Terapi musik untuk mengatasi stres adalah diperbolehkan (mubah) asal tidak mengandung unsur ghaflah atau lalai. Musik yang disarankan meliputi murottal Al-Qur'an, lagu religius, atau instrumen yang menenangkan. Perspektif tenaga kesehatan mendukung penggunaan terapi musik untuk mengurangi tekanan darah, meningkatkan kadar serotonin, dan menurunkan tingkat kecemasan. Alternatif lain selain musik yang dianjurkan untuk mengatasi stres dalam Islam meliputi dzikir, sholat, dan membaca Al-Qur'an untuk memberikan ketenangan batin. Kesimpulan Studi ini menyoroti pentingnya pendekatan yang mengintegrasikan nilai-nilai religius dan intervensi medis untuk menciptakan metode yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Peneliti Berharap penelitian ini dapat dijadikan referensi maupun literatur dalam bidang akademik.References
Annisa Febriani, Teuku Arsyad Abdillah, & Ardika Syahputra. (2024). IMPACT DHIKR ON MENTAL HEALTH. International Journal of Islamic Studies and Social Sciences, 1(1 SE-Articles), 107–125.
Aristawati, A. R., Meiyuntariningsih, T., & Putri, A. (2022). Terapi Musik untuk Menurunkan Stres dan Meningkatkan Subjective Well-Being pada Dewasa Awal yang Memiliki Riwayat Perceraian Orang Tua. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 6(1), 43. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v6i1.4904
Auliya’, E. P., & Yudiarso, A. (2023). Medium Effect Size Terapi Musik untuk Menurunkan Kecemasan melalui Musik Klasik, Tradisional dan Relaksasi/Instrumental. Jurnal Psikologi Perseptual, 8(2), 124–137. https://doi.org/10.24176/perseptual.v8i2.7468
Ayuningtyas, W. C., Yona, D., S, S. H. J., & Iranawati, F. (2019). Microplastic Abundance in Banyuurip Waters, Gresik, East Java [in Indonesia]. Journal of Fisheries and Marine Research, 3(1), 41–45.
BAHARUDDIN, B. H., TUMIRAN, M. A., & OPIR, H. (2024). Stress Management From an Islamic Perspective: a Content Analysis of Recent Literature. Quantum Journal of Social Sciences and Humanities, 5(2), 120–136. https://doi.org/10.55197/qjssh.v5i2.356
Cahyani, A. R., & Tasalim, R. (2024). Efektivitas Terapi Relaksasi Otot Progresif dan Terapi Musik Suara Alam Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Semester Akhir. Journal of Health (JoH), 11(1), 052–060. https://doi.org/10.30590/joh.v11n1.719
Farid, F. A. G., & Fauzi, A. (2023). Musik Islami Sebagai Terapi Ketenangan Jiwaperspektif Al-Farabi. Aflah Consilia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 1–10.
Gayatri, P. R., Pratiwi, W. N., & Pujiastutik, Y. E. (2022). Pengaruh Terapi Musik Mozart Terhadap Penurunan Stres Mahasiswa Dalam Menghadapi Skripsi Di Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri. PREPOTIF?: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 1036–1041. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.3974
Hartadi, A. D. W. P., Prasetyo, E., & Gunawan, A. (2023). Pengaruh Terapi Musik terhadap Kemampuan Kognitif pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi 2021 dan Tinjauannya Menurut Pandangan Islam. Junior Medical Journal, 2(1), 99–106. https://doi.org/10.33476/jmj.v2i1.3894
Hosanagar, I. (2023). Music as Medicine: Music Therapy’s Effect on Cognitive Performance. Journal of Student Research, 12(1), 1–7. https://doi.org/10.47611/jsrhs.v12i1.3892
Ikhwan, M., Walidin, W., & Mahmud, S. (2023). Islamic Education’s Alternative Approach to Nurturing Mental Health and Psychological Well-being. International Journal of Education, Language, and Social Science, 1(1), 12–25.
Irawan, M. F., Bella, S., & Nurhijatina, H. (2024). Menghadapi Tantangan Kesehatan Mental Di Kalangan Mahasiswa: Solusi Kolaboratif Antara Pendidikan Dan Layanan Kesehatan. Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 106–117. https://doi.org/10.21776/ub.jcerdik.2024.003.02.01
Kamagi, R. H., & Sahar, J. (2021). Terapi Musik pada Gangguan Tidur Insomnia. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 797–809.
Krish, D. (2021). Using a Combination of Electroencephalographic and Acoustic Features to Accurately Predict Emotional Responses to Music. July. https://doi.org/10.20944/preprints202107.0014.v1
Lussy Putri Khadijah. (2023). Efektivitas Terapi Musik Untuk Menurunkan Tingkat Stres Dan Kecemasan. Detector: Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 1(3), 91–98. https://doi.org/10.55606/detector.v1i3.2101
Muhibbin, M., & Muzdalifah, F. (2023). Music Prespektif Imam Al-Ghazali Dan Urgensinya Dalam Mengurangi Tingkat Stres Akademik Mahasiswa. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 194–201. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i2.805
Mutakamilah, M., Wijoyo, E. B., Yoyoh, I., Hastuti, H., & Kartini, K. (2021). Pengaruh Terapi Musik terhadap Penurunan Tingkat Stres pada Mahasiswa Selama Proses Penyusunan Tugas Akhir: Literature Review. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 14(2), 120–132. https://doi.org/10.23917/bik.v14i2.13670
Mutaqin, A., Rahayu, D. A., & Yanto, A. (2023). Efektivitas Terapi Musik Klasik pada Pasien Halusinasi Pendengaran. Holistic Nursing Care Approach, 3(1), 1. https://doi.org/10.26714/hnca.v3i1.10392
Nandi Mulyadi, N. M., Sangkot Sirait, S. S., & Subur, S. (2024). Soulful Balance: Unleashing the Potential of Dhikr in Nurturing Counselor Wellness and Effectiveness. International Journal of Scientific Research and Management (IJSRM), 12(08), 119–129. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v12i08.nd01
Nurdin, M. S., Irwan Fitri Aco, & Rifqi Riswandha Idrus. (2023). Tinjauan Hukum Islam Mengenai Pengobatan Menggunakan Metode Terapi Musik. AL-QIBLAH: Jurnal Studi Islam Dan Bahasa Arab, 2(6), 674–705. https://doi.org/10.36701/qiblah.v2i6.1587
Panjaitan, A. P. (2019). Kekuatan Musik Dalam. 174–194.
Purwanti, H., Zumrotun Nafisah, & Muhammad Novan Zulfahmi. (2024). Cultivating a calm attitude in the face of problems through Dhikr psychotherapy. Community Development Journal, 8(2), 288–294. https://doi.org/10.33086/cdj.v8i2.6277
Ramdhani, G. M. (2024). Musik dalam Perspektif Islam?: Memahami Dimensi Halal dan Haram dalam Musik. 7(1), 17–27.
Rumah Pelayanan Sosial, D., Agung Pambudi, H., Chintia Dewi, C., Anggraeni, H., Komunitas Jiwa STIKes StElisabeth Semarang, D., Prodi, M. S., Keperawatan STIKes StElisabeth Semarang, I., & Spesialis Jiwa RSJD Aminogondho Hutomo Propinsi Jawa Tengah, D. (2020). Pengaruh Terapi Musik Suara Air Mengalir Dengan Brainwave Terhadap Penurunan Tingkat Depresi Pada Lansia the Efects of Water Sound Music Therapy With Brainwave To the Decrease of Depression Levels in Elderly in the House of Social Care for Elderly Wening . Bali Medika Jurnal, 7(1), 125–137. https://doi.org/10.36376/bmj.v7i1
Seprian, D., Hidayah, N., & Masmuri, M. (2023). Penurunan Stres Akademik dengan Terapi Musik Instrumental Frekuensi 432 Hertz pada Mahasiswa Keperawatan Kota Pontianak: Studi Quasy Experimental. Malahayati Nursing Journal, 5(10), 3462–3471. https://doi.org/10.33024/mnj.v5i10.11122
Simanjuntak, M. R., Tampubolon, F., Manurung, Y., Sibagariang, E., & Kunci, K. (2022). Pemanfaatan Terapi Musik Klasik Dalam Upaya Menurunkan Tingkat Stress Kerja Guru SD Selama Pandemi COVID-19. V(I), 29–36.
Stegemann, T., Geretsegger, M., Phan Quoc, E., Riedl, H., & Smetana, M. (2019). Music Therapy and Other Music-Based Interventions in Pediatric Health Care: An Overview. Medicines, 6(1), 25. https://doi.org/10.3390/medicines6010025
Suryo Ediyono, R. H. (2019). Terapi Musik Menurut Al-Farabi Pada Masa Dinasti Abbasiyah. Jurnal CMES, 12(1), 65. https://doi.org/10.20961/cmes.12.1.34872
Susanto, D., & Iskandar. (2023). Managing Academic Stress With a Prayer Approach from a Prayer Perspective. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(2), 91–104. https://doi.org/10.61104/jq.v1i2.130
Thoma, M. V., La Marca, R., Brönnimann, R., Finkel, L., Ehlert, U., & Nater, U. M. (2013). The Effect of Music on the Human Stress Response. PLoS ONE, 8(8), 1–12. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0070156
Yanda, M., Aprilliani, R. F., Febriana, S. A., Nurramdhani, W. F., Mutamimah, W. S., & Nurjaman, A. R. (2024). PENGARUH WESTERNISASI TERHADAP GAYA HIDUP REMAJA DI KOTA BESAR DALAM PANDANGAN ISLAM. Tashdiq: Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah, 3(2), 1–15.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.