GAMBARAN KESEHATAN MENTAL PADA MAHASIWA POLTEKKES TASIKMALAYA
THE DESCRIPTION OF STUDENTS’ MENTAL HEALTH IN POLTEKKES TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.52236/ih.v13i1.685Keywords:
DASS-21, kesehatan mental, mahasiswa, skriningAbstract
Pendahuluan. Permasalahan kesehatan mental menjadi isu penting di beberapa negara termasuk di Indonesia dan perlu mendapatkan perhatian yang serius terutama pada kalangan mahasiswa karena mahasiswa merupakan populasi yang rentan terhadap isu kesehatan mental. Beberapa penelitian menyampaikan kondisi kesehatan mental pada mahasiswa. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran hasil kesehatan mental pada mahasiswa Poltekkes Tasikmalaya Metode. Peneliti menggunakan metode survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah Depression Anxiety Stress Scales-21 (DASS-21) yang terdapat pada aplikasi berbasis Android yaitu aplikasi Mental Care. Populasi yaitu mahasiswa aktif tingkat I reguler sebanyak 1041 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, sampel yang memenuhi kriteria berjumlah 666 orang. Hasil. Secara umum gambaran karakteristik responden menunjukkan mayoritas responden memiliki karakteristik yaitu berjenis kelamin perempuan sebanyak 582 orang (87,39%) dan berusia 19 tahun yaitu sebanyak 341 orang (51,20%). Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa mayoritas responden memiliki tingkat depresi pada kategori sedang sebanyak 274 orang (41,14%), tingkat cemas pada kategori sedang sebanyak 230 orang (34,53%) dan tingkat stress pada kategori normal sebanyak 522 orang (78,38%). Hasil survei mental health issue tertinggi menunjukkan bahwa mahasiswa khawatir akan masa depan (lulus dan bekerja) dengan persentase sebesar (76,9%). Kesimpulan. Sebagian besar responden penelitian ini merupakan mahasiswa yang memiliki jenis kelamin perempuan dan berusia 19 tahun. Mereka umumnya mengalami depresi dan kecemasan pada tingkat sedang, dengan tingkat stres dalam kategori normal. Masalah kesehatan mental yang paling sering dialami mahasiswa adalah kekhawatiran tentang masa depan, khususnya terkait kelulusan dan pekerjaan. Kata kunci: DASS-21, kesehatan mental, mahasiswa, skriningReferences
Auerbach, R.P. et al. (2018) 'WHO World Mental Health Surveys International College Student Project: Prevalence and distribution of mental disorders', Journal of abnormal psychology, 127(7), pp. 623-638. Available at: https://doi.org/doi.org/10.1037/abn0000362.
Beiter, R. et al. (2015) 'The prevalence and correlates of depression, anxiety, and stress in a sample of college students.', Journal of affective disorders, 173, pp. 90-96. Available at: https://doi.org/10.1016/j.jad.2014.10.054.
Campbell, F. et al. (2022) 'Factors that influence mental health of university and college students in the UK: a systematic review', BMC Public Health, 22(1), p. 1778. Available at: https://doi.org/10.1186/s12889-022-13943-x.
Kemenkes RI (2019) Laporan Nasional, Riskesdas 2018, Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Kemenkes RI (2022) Profil Kesehatan Indonesia 2021, Pusdatin.Kemenkes.Go.Id.
Tersedia di: https://www.kemkes.go.id/id/profil-kesehatan-indonesia-2021.
Latipun and Notosoedirdjo (2005) Kesehatan Mental, Konsep dan Penerapan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.
Leschied, A.W., Saklofske, D.H. and Flett, G.L. (2018) Handbook of school-based mental health promotion. Springer.
Liu, X., Ping, S. and Gao, W. (2019) 'Changes in Undergraduate Students' Psychological Well-Being as They Experience University Life.', International journal of environmental research and public health, 16(16). Available at: https://doi.org/10.3390/ijerph16162864.
Lovibond, S. and Lovibond, P. (1995) Manual for the depression anxiety and stress scales (DASS21). Second. Sydney: NSW: Psychology Foundation of Australia.
Margaretha, M. et al. (2023) 'School-based mental health promotion: A global policy review.', Frontiers in psychiatry, 14, p. 1126767. Available at: https://doi.org/10.3389/fpsyt.2023.1126767.
O'Reilly, M. dkk. (2018) 'Tinjauan intervensi promosi kesehatan mental di sekolah', Psikiatri Sosial dan Epidemiologi Psikiatri, 53(7), hlm. 647-662. Tersedia di: https://doi.org/10.1007/s00127-018-1530-1.
Richardson, T., Elliott, P. and Roberts, R. (2017) 'Relationship between loneliness and mental health in students', Journal of public mental health,16(2), pp.48-54.
Santrock (2003) Adolescent Development. Sixth Edition. Keen Edition. Edited by J.W. Adolescence, Jakarta: Erlangga.
Suwartika, I., Nurdin, A. and Ruhmadi, E. (2014) 'Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stress Akademik Mahasiswa Reguler Program Studi D Iii Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya', The Soedirman Journal of Nursing), 9(3), pp. 173-189. Tersedia di: http://jks.fikes.unsoed.ac.id/index.php/jks/article/viewFile/612/337.
Teh, C.K. et al. (2015) 'Depression, Anxiety and Stress among Undergraduate Students: A Cross Sectional Study', Open Journal of Epidemiology, 05, pp. 260-268. Available at:https://api.semanticscholar.org/CorpusID:45750123.
Wang, C. et al. (2022) 'Socio-demographic characteristics, lifestyles, social support quality and mental health in college students: a cross-sectional study.', BMC public health, 22(1), p. 1583. Available at: https://doi.org/10.1186/s12889- 022-14002-1.
World Health Organization (WHO) (2023b) Health Mental. Available at: https://www.who.int/southeastasia/health-topics/mental-health (Accessed: 26 July 2023).
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.