HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN PASIEN TENTANG RESPONSE TIME DENGAN TINGKAT KEPUASAAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSU SANTO ANTONIUS PONTIANAK

THE RELATIONSHIP BETWEEN PATIENTS' KNOWLEDGE ABOUT RESPONSE TIME AND THE LEVEL OF SATISFACTION IN THE EMERGENCY INSTALLATION (IGD) RSU SANTO ANTONIUS PONTIANAK

Authors

  • Nila Handayani Nila "INSTITUT KESEHATAN IMMANUEL BANDUNG"
  • Srihesty Manan "INSTITUT KESEHATAN IMMANUEL BANDUNG"
  • Yunus A.P "INSTITUT KESEHATAN IMMANUEL BANDUNG"

DOI:

https://doi.org/10.52236/ih.v12i2.456

Keywords:

: Pengetahuan,Respon Time, Kepuasan Pasien

Abstract

Pendahuluan Tujuan: Pelayanan cepat dan tepat menjadi prinsip tatalakasana pasien di IGD. Hal ini berkaitan dengan karakteristik pasien di IGD yang umumnya mengalami ancaman kematian seperti gangguan airway, gangguan breathing, circulation, disability dan exposure. Oleh sebab itu diperlukan waktu tanggap darurat yang cepat untuk mengatasi masalah yang dialami oleh klien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan pasien tentang response time dengan tingkat kepuasaan di IGD RSU Santo Antonius Pontianak. Metode  Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang dipilih secara accidental. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner pengetahuan tentang respon time dan kepuasan pasien. Hasil : Penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan tentang repon time tidak memiliki hubungan terha dap kepuasan pasien (p=0,646). semakin cepat pelayanan yang diberikan semakin tinggi tingkat kepuasaan pasien terhadap suatu layanan serta memberikan kepercayaan pasien dan keluarga. Nila Handayani, Srihesty Manan, Yunus A.p _ Hubungan Antara Pengetahuan Pasien Tentang Response Time Dengan Tingkat Kepuasaan Di instalasi Gawat darurat : Pemahaman yang baik pasien dan keluarga tentang respon time yang  diberikan petugas dapat menimbulkan kepuasaan terhadap layanan yang diberikan di Unit Gawat Darurat, semakin cepat pelayana yang diberikan semakin merasa puas pasien dan keluarga terhadap penangganan yang diberikan. Pendahuluan Tujuan: Pelayanan cepat dan tepat menjadi prinsip tatalakasana pasien di IGD. Hal ini berkaitan dengan karakteristik pasien di IGD yang umumnya mengalami ancaman kematian seperti gangguan airway, gangguan breathing, circulation, disability dan exposure. Oleh sebab itu diperlukan waktu tanggap darurat yang cepat untuk mengatasi masalah yang dialami oleh klien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan pasien tentang response time dengan tingkat kepuasaan di IGD RSU Santo Antonius Pontianak. Metode  Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang dipilih secara accidental. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner pengetahuan tentang respon time dan kepuasan pasien. Hasil : Penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan tentang repon time tidak memiliki hubungan terha dap kepuasan pasien (p=0,646). semakin cepat pelayanan yang diberikan semakin tinggi tingkat kepuasaan pasien terhadap suatu layanan serta memberikan kepercayaan pasien dan keluarga. Nila Handayani, Srihesty Manan, Yunus A.p _ Hubungan Antara Pengetahuan Pasien Tentang Response Time Dengan Tingkat Kepuasaan Di instalasi Gawat darurat : Pemahaman yang baik pasien dan keluarga tentang respon time yang  diberikan petugas dapat menimbulkan kepuasaan terhadap layanan yang diberikan di Unit Gawat Darurat, semakin cepat pelayana yang diberikan semakin merasa puas pasien dan keluarga terhadap penangganan yang diberikan.

References

Akhirul, T., & Fitriana, N. F. (2020). Hubungan Rensponse Time Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah.
Razzak, J., Usmani, M. F., & Bhutta, Z. A. (2019). Global, regional and national burden of emergency medical diseases using specific emergency disease indicators: analysis of the 2015 global burden of disease study. BMJ global health, 4(2), e000733
Habib, H., Sulistio, S., Mulyana, R. M., Albar, I. A., & RSCM, I. G. D. (2016). Triase modern rumah sakit dan aplikasinya di Indonesia. Medik
Sukrang, S., Hasnidar, H., & Fauzan, F. (2023). Pengetahuan Keluarga Pasien tentang Triase dengan Kepuasan Keluarga Pasien dalam Pelayanan Keperawatan. Syntax Idea, 5(5), 562-570. Kepuasan Keluarga Pasien dalam Pelayanan Keperawatan. Syntax Idea. 2023;5(5):562–70.

Akhirul, T., & Fitriana, N. F. (2020). Hubungan Rensponse Time Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah.
Razzak, J., Usmani, M. F., & Bhutta, Z. A. (2019). Global, regional and national burden of emergency medical diseases using specific emergency disease indicators: analysis of the 2015 global burden of disease study. BMJ global health, 4(2), e000733
Habib, H., Sulistio, S., Mulyana, R. M., Albar, I. A., & RSCM, I. G. D. (2016). Triase modern rumah sakit dan aplikasinya di Indonesia. Medik

Mahyudin, M., & Deli, H. (2021). Gambaran Respon Time Pasien Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Health Care: Jurnal Kesehatan, 10(1), 85-95.
Rahayuningsih, S. I., & Putra, A. (2010). Pengaruh pengetahuan pasien tentang haknya terhadap kepuasan pasien di RSUDZA. Idea Nursing Journal, 1(1), 39-46.
García-Alfranca, F., Puig, A., Galup, C., Aguado, H., Cerdá, I., Guilabert, M., ... & Mira, J. J. (2018). Patient satisfaction with pre-hospital emergency services. A qualitative study comparing professionals’ and patients’ views. International journal of environmental research and public health, 15(2), 233.
Teti, H. S. (2019). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruangan Instalasi Gawat Darurat Rs Tk. Iii Dr. Reksodiwiryo Padang (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).
Sukrang, S., Hasnidar, H., & Fauzan, F. (2023). Pengetahuan Keluarga Pasien tentang Triase dengan Kepuasan Keluarga Pasien dalam Pelayanan Keperawatan. Syntax Idea, 5(5), 562-570. Kepuasan Keluarga Pasien dalam Pelayanan Keperawatan. Syntax Idea. 2023;5(5):562–70.
Verawati, E. (2019). Gambaran Response Time dan Lama Triage dl IGD Rumah Sakit Paru Jember.
Rochana, N., & Djogotuga, N. N. (2020). Kepuasan Pasien Stagnan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Kupang. Holistic Nursing and Health Science, 3(2), 12-20.26.
Dewi N, Rifai Achmad J. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Tni Ad Tk Iv 02.07. 04 Bandar Lampung. J Ilmu Kesehat Masyarakat Doi 1033221/Jikm V8i03. 2019;299:78–88.
Alamsyah, T. S. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan Keluarga Pasien Tentang Sistem Triage di IGD RSUD Sumbawa. Jurnal Kesehatan Dan Sains, 4(2), 76-87.

Additional Files

Published

2024-07-31

How to Cite

Nila, N. H., Srihesty Manan, & Yunus A.P. (2024). HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN PASIEN TENTANG RESPONSE TIME DENGAN TINGKAT KEPUASAAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSU SANTO ANTONIUS PONTIANAK: THE RELATIONSHIP BETWEEN PATIENTS’ KNOWLEDGE ABOUT RESPONSE TIME AND THE LEVEL OF SATISFACTION IN THE EMERGENCY INSTALLATION (IGD) RSU SANTO ANTONIUS PONTIANAK. Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 12(02), 226–236. https://doi.org/10.52236/ih.v12i2.456

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.