MANAJEMEN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT PEMERINTAH QUALITY MANAGEMENT OF SERVICE ON PATIENT SATISFACTION IN GOVERNMENT HOSPITAL EMERGENCY INSTALLATIONS

Main Article Content

Exda Hanung Lidiana
Krisnanda Aditya Pradana
Fitria Eka Resti Wijayanti

Abstract

Mutu pelayanan adalah sebuah konsep manajemen yang berfokus pada konsumen yang inovatif dan partisipatif yang mempengaruhi setiap individu dalam organisasi dan mutu dapat bertahan melalui transformasi budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien di instalasi gawat darurat rumah sakit pemerintah. Jenis penelitian ini deskriptif korelasional dengan pendekatan Cross Sectional . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien instalasi gawat darurat rumah sakit pemerintah. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dengan skala ordinal. Teknik analisis dengan uji korelasi pearsonmenggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik responden mayoritas usia lebih dari 50 tahun, jenis kelamin perempuan, pekerjaan ibu rumah tangga dan tingkat pendidikan SMA. Mutu pelayanan kesehatan pasien mayoritas bermutu, nilai terendah terdapat pada dimensi responsiveness hal ini dirasakan karena respon tepat waktu dalam melakukan pelayanan kurang. Tingkat kepuasan pasien dalam kategori puas. Pasien mengatakan puas sehingga dikatakan bahwa pada umumnya sebagian pasien merasakan pelayanan wilayah sudah sesuai dengan harapan pasien. Terdapat hubungan manajemen mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien. Hasil penelitian diharapkan memberikan informasi kepada rumah sakit sebagai acuan dalam peningkatan mutu pelayanan terhadap pasien dalam upaya meningkatkan kepuasan pasien.

Article Details

How to Cite
Hanung Lidiana, E., Aditya Pradana, K., & Fitria Eka Resti Wijayanti. (2024). MANAJEMEN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT PEMERINTAH : QUALITY MANAGEMENT OF SERVICE ON PATIENT SATISFACTION IN GOVERNMENT HOSPITAL EMERGENCY INSTALLATIONS. Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 12(01), 14-24. https://doi.org/10.52236/ih.v12i1.355
Section
Articles

References

Agritubella, S. M. (2018). Kenyamanan Dan Kepuasan Pasien Dalam Proses Interaksi Pelayanan Keperawatan Di Rsud Petala Bumi. Jurnal Endurance, 3(1), 42. https://doi.org/10.22216/jen.v3i1.2040
Alim, A., Tangdilambi, N., & Badwi, A. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Makassar. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 5(2), 165. https://doi.org/10.29241/jmk.v5i2.164
Anjayati, S. (2021). Review Artikel: Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Menggunakan Metode Servqual. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 1(1), 31–38. https://doi.org/10.56742/nchat.v1i1.7
Budiman, M. E. A., Mardijanto, S., & Astutik, E. E. (2021). Hubungan Kepuasan Pasien Rawat Inap Dengan Mutu Pelayanan Keperawatan Di Klinik Kabupaten Jember. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 73. https://doi.org/10.21460/jrmb.2020.152.383
Bustami. (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. 4316.
Etlidawati, & Handayani, D. Y. (2017). Hubungan Kualitas Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan PasienPeserta Jaminan Kesehatan Nasional. MEDISAINS: Jurnal Ilmu-Ilmu Kesehatan, 15(3), 142–147.
Kurnia Widi Hastuti, S., Ahid Mudayana, A., Puteri Nurdhila, A., & Hadiyatma, D. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, 11(2), 161–168.
Lidiana, E. H. & I. S. A. (2018). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Wilayah Kerja Puskesmas Ngrampal. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 6(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8
Machmud, R. (2021). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan (Vol. 2, Issue 2). CV Mine. https://doi.org/10.24893/jkma.v2i2.31
Malinda, R., & Sari, M. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Pelayanan Rawat Jalan di BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) RSUD Kota Langsa. Jurnal EDUKES (Jurnal Penelitian Edukasi Kesehatan), 3(2), 56–69. https://doi.org/10.52136/edukes.v3i2.27
Mitropoulos, P., Vasileiou, K., & Mitropoulos, I. (2018). Understanding quality and satisfaction in public hospital services: A nationwide inpatient survey in Greece. Journal of Retailing and Consumer Services, 40(July 2016), 270–275. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2017.03.004
Muhammad, R., Slim, B., & Hasanudin, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Perawatan Private Care Center (PCC) RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Tata Kelola, 7.
Pangerapan D, P. O. (2018). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. JKK (Jurnal Kedokteran Klinik), 2(1), 9–18.
Wildani, H., Badiran, M., & Hadi, A. J. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Rsu Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat, 1(2), 7–21. https://doi.org/10.36090/jkkm.v1i2.581