KARAKTERISTIK REMAJA DENGAN KONSEP DIRI POSITIF DI SURAKARTA

CHARACTERISTICS OF ADOLESCENTS WITH POSITIVE SELF-CONCEPT IN SURAKARTA

Authors

  • Mulyaningsih Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • Wahyuni Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • Erika Dewi Noorratri Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
  • Sukardi Sugeng Rahmad Universitas ‘Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.52236/ih.v12i2.610

Keywords:

karakteristik, konsep diri, masa transisi, remaja

Abstract

Pendahuluan. Masa remaja merupakan masa transisi dari masa anak-anak ke masa dewasa. Pada masa ini juga merupakan masa pembentukan konsep diri. namun, pada masa ini juga merupakan masa yang rentan terjadi krisis identitas. Remaja perlu mempersiapkan diri agar dapat membentuk konsep diri yang baik, karena ketidaksiapan remaja dapat memberikan dampak negatif pada kesejahteraan emosional dan sosial mereka, sehingga dapat mengganggu proses pembentukan konsep diri. Sehingga penting untuk menyediakan dukungan yang tepat, termasuk pendekatan yang menghargai perasaan mereka, memberikan informasi yang akurat tentang perubahan yang terjadi, dan membantu mereka mengembangkan keterampilan pengelolaan stres dan resiliensi. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang karakteristik dan konsep diri remaja Metode. Studi ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Jumlah responden dalan penelitian ini sebanyak 365 remaja. Dalam penelitian ini, pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengkaji data karakteristik dan konsep diri. Karakteristik yang dikaji dalam penelitian ini yaitu jenis kelamin, usia, dan indeks massa tubuh (IMT). Hasil. Hasil penelitian menunjukkan 53,15% responden berusia 19 tahun, 90% perempuan, dan 183 remaja memiliki indeks massa tubuh (IMT) normal. Dalam penelitian ini juga didapatkan 55% remaja memiliki konsep diri positif. Kesimpulan. Remaja mayoritas berusia 19 tahun dengan jenis kelamin perempuan, memiliki IMT normal dan konsep diri yang positif.

References

Asri, Dahlia Novarianing, and Sunarto. 2020. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Konsep Diri Remaja (Studi Kualitatif Pada Siswa SMPN 6 Kota Madiun) .” Jurnal Konseling Gusjigang 6(1): 5–10.
Destiara, Filsa, Tanto Hariyanto, and Catur Adi Ragil. 2016. “Hubungan Indeks Massa Tubuh (IMT) Dengan Body Image Pada Remaja Di Asrama Putri Sangau Malang.” Journal Nursing News XI(1): 31–37.
Farah, Mutia, Yudi Suharsono, and Susanti Prasetyaningrum. 2019. “Konsep Diri Dengan Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Siswa SMA.” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 7(2): 171–83.
Fuentes, Maria C. et al. 2022. “Analyzing When Parental Warmth but without Parental Strictness Leads to More Adolescent Empathy and Self-Concept: Evidence from Spanish Homes.” Frontiers in Psychology 13(December): 1–15.
González-Valero, Gabriel et al. 2020. “Analysis of Self-Concept in Adolescents before and during COVID-19 Lockdown: Differences by Gender and Sports Activity.” Sustainability (Switzerland) 12(18).
Haryati, A, U Andani, H Beta, and M Anggraini. 2021. “The Application of Crisis Counseling in Shaping the Adolescent Self-Concept of the Family Broken Home.” Jurnal Ilmiah Syi’ar 21(02): 108–15. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/syiar/article/view/4970.
Irawan, Reina Renita et al. 2020. “Pembentukan Konsep Diri Remaja (Studi Pada Remaja Korban Perceraian Orang Tua) Kota Makassar Tahun 2020.” Window of Public Health Journal 01(02): 48–58.
Marsela, Ramadona Dwi, and Mamat Supriatna. 2019. “Kontrol Diri: Definisi Dan Faktor.” Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research 3(2): 65–69. http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling.
Nurramadhan, Annisa Salsabila, Gemah Nuripah, and Rizky Suganda. 2022. “Hubungan Antara Obesitas Dengan Penghargaan Diri ( Self-Esteem ) Pada Orang Dewasa.” Bandung Conference Series: Medical Science 2(1): 1113–19.
Palenzuela-Luis, Natacha et al. 2022. “Questionnaires Assessing Adolescents’ Self-Concept, Self-Perception, Physical Activity and Lifestyle: A Systematic Review.” Children 9(1).
Rohmalimna, Azizah, Olie Yeau, and Puiry Sie. 2022. “The Role of Parental Parenting in the Formation of the Child’s Self-Concept.” World Psychology 1(2): 36–45.
Sáez, Iker, Josu Solabarrieta, and Isabel Rubio. 2020. “Physical Self-Concept, Gender, and Physical Condition of Bizkaia University Students.” International Journal of Environmental Research and Public Health 17(14): 1–10.
Saputra, Adi, and Yuzarion. 2020. “Pembentukan Konsep Diri Remaja Melalui Penanaman Nilai-Nilai Keislaman.” Jurnal Al-Hikmah 18(2): 151–56.
Saputro, Yusup Adi, and Rini Sugiarti. 2021. “Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Konsep Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Siswa SMA Kelas X.” PHILANTHROPY: Journal of Psychology 5(1): 59.
Wang, Miao et al. 2019. “Academic Burnout and Professional Self-Concept of Nursing Students: A Cross-Sectional Study.” Nurse Education Today 77: 27–31. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2019.03.004.

Additional Files

Published

2024-07-31

How to Cite

Mulyaningsih, Wahyuni, Erika Dewi Noorratri, & Sukardi Sugeng Rahmad. (2024). KARAKTERISTIK REMAJA DENGAN KONSEP DIRI POSITIF DI SURAKARTA : CHARACTERISTICS OF ADOLESCENTS WITH POSITIVE SELF-CONCEPT IN SURAKARTA. Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 12(02), 271–279. https://doi.org/10.52236/ih.v12i2.610

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.